PENYEBAB MOBIL TIDAK BISA PINDAH GIGI

Sekedar sering pengalaman pribadi tentang ilmu otomotif khususnya permobilan. Kebetulan mobil yang saya miliki adalah mobil tua Starlet kotak th 88, tapi alhamdulillah mobil ini termasuk kategori mobil bandel dibanding mobil katana saya yang dulu tahun 1990. Untuk tarikan juga lumayan kenceng bagi saya maksudnya.

Kembali pada permasalahan perseneleng, transmisi atau gigi kalau saya biasa mengatakan. Beberapa minggu yang lalu starlet kesayangan saya agak susah di pindah giginya padahal pedal kopling sudah saya injak penuh. Seakan-akan koplingnya belum narik. Beberapa hari karena terpaksa mobil tetap saya ajak jalan walaupun sangat tidak nyaman. Dan suatu saat kebetulan pagi itu akau mau pergi menggunakan si kotak tua itu, dan ternyata kerusakan persenelengnya benar-benar sudah memuncak. Operannya atau giginya sudah tidak bisa kita masukkan lagi (maksudnya sudah tidak bisa dipindah dari netral ke satu). Anehnya kalau mesin kita matikan masih tetap bisa masuk. Terpaksa deh panggil montir.

Setelah di utak-utik beberapa menit akhirnya selesai mendiaknosa dan mengatakan kalau yang rusak adalah master koplingnya sehingga tidak bisa menarik kopling secara maksimal. Tapi yang rusak cuma pompanya bukan rumahnya, klepnya sudah aus. Sehingga sudah tidak mampu memompa minyak rem pada rumah kopling tersebut. Kalau bahasa kerennya namanya kit kopling atas starlet.

kit-kopling-starlet-dan-kijang

Gambar : Kit Kopling Untuk Starlet Yang Saya Ganti

Setelah hunting di beberapa bengkel akhirnya saya menemukan onderdil atau sperpart tersebut (kit kopling atas untuk starlet). Harganya gak terlalu mahal cuma 40.000 plus tambah minyak rem 25.000.

Beberapa menit setelah dipasang ulang lalu kita coba,

Enak tenan kembali seperti semula, pindah gigi bisa dilakukan dengan ringan tanpa beban.

Demikian artikel tentang penyebab mobil tidak bisa pindah gigi, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang sedang memiliki permasahan yang sama dengan starlet kotak saya. Atau bisa menjadi referensi kebutuhan biaya service mobil atau untuk mengetahui kira-kira besarnya budget yang perlu kita persiapan untuk memperbaiki mobil yang giginya mcet tersebut.

No comments:

Post a Comment