BAKSO PALING ENAK DI PURWOKERTO

Purwokerto merupakan kota kuliner karena begitu banyak restoran, rumah makan dan warung kaki lima. Bermacam macam jenis menu makanan sangat mudah di temukan di Kota Purwokerto mulai dari stik, soto, bakso, mie ayam, iga bakar, sop, sate, bebek goreng, ayam goreng, lele goreng, seafood, nasi goreng dll. Warung-warung makan baik kaki lima maupun restoran tumbuh bak jamur dimusim hujan di kota yang berjuluk Kota Satria ini.

Dari sekian banyak restoran dan warung makan ternyata tidak selamanya menjajikan rasa yang enak dan kebersihan yang menjamin serta kualitas bahan yang menyehatkan. Harus hati-hati saat memilih warung makan dan jenis menu yang akan kita santap sekeluarga. Bagi saya orang Puyrwokerto asli sepertinya tidak bingung lagi dalam menentukan warung yang akan kita kunjungi, akan tetapi jika anda sebagai pendatang tentunya harus mencoba-coba beberapa warung makan untuk bisa menentukan yang sesuai dengan selera anda.

Untuk urusan bakso, sepertinya Bakso Solo masih merajai di kota Satria ini. Walaupun bakso Malang juga banyak akan tetapi sepertinya tidak begitu diminati oleh masyarakan Purwokerto. Menu bakso dengan kombinasi mie kuning dan mie putih serta sayuran masih diminati masyarakat panginyongan.

Sebenarnya kalau masalah bakso hubungannya dengan selera, banyak sekali pilihan warung bakso di Purwokerto yang bisa saya rekomendasikan pada pembaca semua. Tentu saja  belum bisa semua saya tulis  di Blog ini karena memang saya juga belum mencobanya semua.  Berikut saya up date beberapa warung bakso di Purwokerto yang pernah saya coba:


BAKSO NYAMLENG PURWOKERTO
Walaupun kios baksonya layak di sebut restoran akan tetapi harganya sangat terjangkau oleh kantong kita. Dengan Rp. 10.000 saja kita sudah bisa menikmati bakso berikut krewedan/ tetelan + es teh manis. Menurut pengalaman lidah saya bakso nyamleng is the best. Baksonya bisa empuk tapi renyah tanpa bahan kimia (kata penjualnya). Baksonya terasa sekali daging sapinya tanpa campuran daging ayam. (maaf banyak sekali bakso di Purwokerto yang dicampuri daging ayam untuk bisa mengatasi harga daging sapi yang sangat mahal).  Kuahnya seger dan gurih terasa kaldu serta tidak berlemak. Tempatnya bersih dan pelayannya sangat ramah. Ternyata bakso nyamleng juga menyediakan menu-menu lain seperti Mie Ayam, Soto sapi dan ayam, Sop sapi serta es buah. Bagi pengunjung yang tidak begitu menyukai bakso bisa mencoba salah satu menu tersebut, karena rasanya juga lumayan untuk di coba. Saya pernah mencoba mie ayam di Bakso Nyamleng ini yang harganya cuma Rp.7000 dan sop sapi + nasinya cuma Rp. 10.000 ternyata rasanya tidak kalah dengan sop sapi yang harganya 25.000/ porsi. Pelanggan juga bisa mengkombinasikan mie ayam dan bakso sehingga menjadi mie ayam bakso yang harganya cuma10.000.

Bakso Nyamleng berlokasi di Berkoh, Purwokerto Selatan. Tepatnya di Jl Jend Soedirman Timur  no: 32 Purwokerto selatan (300 m barat RSUD Margono). Kalau anda dari arah timur, setelah melewati bundaran Jenderal Soedirman anda lurus terus sampai di bunderan pancuran, dibundaran pancuran anda harus berbalik arah kira-kira 200 m kiri jalan. Kalau dari barat setelah melewati bundaran pancuran berkoh anda tinggal jalan pelan-pelan saja, kiri jalan kira-kira 200 m.

Berikut foto penampakan depan Bakso Nyamleng :




Foto Baksonya :


Mie Ayamnya :






Sop Sapinya :


Es campur/ es buah bakso nyamleng :


Untuk bakso-bakso di Purwokerto yang lainnya  tunggu postingan berikutnya dari si Bongkreck.