SBY PENGGEMAR SOTO LAMA PURWOKERTO

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terlihat di dalam mobil dengan kaca jendela yang terbuka melambaikan tangan ke arah bongkreck malam itu Senin 24 Maret 2014.  Ternyata SBY malam itu merupakan perjalanan dari soto lama sokaraja ke hotel Aston Purwokerto.  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akhirnya bermalam di Purwokerto. SBY bersama beberapa menteri tiba di Hotel Aston Purwokerto, Senin (24/3) malam.

Presiden SBY didampingi Ibu Ani, dan Edhi Baskoro Yudhoyono, disambut pengurus DPP dan DPD Partai Demokrat. Juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyampaikan kunjungan ini merupakan rangkaian kerja setelah sebelumnya dari Denpasar Bali dan Yogyakarta.

Sebelumnya, kata dia, Presiden SBY menghadiri pembukaan peresmian rapat kerja pemerintah daerah tingkat desa di Yogyakarta. “Acara selesai, kita lanjutkan melalui jalur darat. Untuk besok ada acara intern. Sementara, lusa sudah harus kembali ke Jakarta karena ada rapat kabinet,” katanya, Senin (24/3).

Sementara, Sekretaris Divisi Pembinaan Organisasi DPP Demokrat Khatibul Umam Wiranu MHum tidak menampik tentang agenda konsolidasi partai di sela transitnya SBY di Hotel Aston Purwokerto. Selain mengagendakan pertemuan dengan kerabat, juga ada pertemuan keluarga besar Partai Demokrat.
Apalagi, kedatangan SBY disambut para caleg dari Partai Demokrat se Jawa Tengah. Seperti Purbalingga hingga Magelang. Kedatangan seluruh caleg ini, kata dia, didominasi pengurus partai. “Hanya pengurus, terutama para caleg yang dari Banyumas-Cilacap semua datang,” katanya.
Kehadiran para caleg, kata dia, hanya melalui pemberitahuan telepon, tanpa ada surat resmi. Usai bermalam di Purwokerto, Khatibul menyampaikan Selasa (25/3) pagi Presiden SBY harus melanjutkan perjalanan melalui jalur darat untuk menghadiri kampanye terbuka di Kabupaten Brebes pukul 13.00. “Belum tahu apa yang akan diinfokan. Tentunya kita di sini menyambut kedatangan presiden,” lanjutnya.
Di bagian lain, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein batal menyambut kedatangan Presiden SBY karena ada rapat mendadak. Ini seperti disampaikan Kabag Humas Setda Banyumas Akhmad Suryanto. “Bupati ada rapat tadi,” katanya yang berada di lokasi. 



Sementara, sebelum sampai di Hotel Aston SBY menyempatkan diri mencicipi salah satu makanan khas sokaraja yakni Soto Lama Sokaraja. Rombongan SBY sampai di Rumah Makan tersebut kira-kira pukul 19.00 WIB.
Owner Soto Lama Sokaraja H Suradi Amin Syafa’at menuturkan, SBY cocok dengan masakannya “Nikmat,” kata Suradi menirukan kesan SBY saat menyantap sotonya.

Menurut Suradi, ini bukan kali pertamanya SBY datang ke Rumah Makan yang berdiri dari tahun 1978 tersebut. Kunjungan SBY pertama, dikatakan dia, saat awal tahun 2004. “Dulu lah, sebelum jadi presiden juga pernah mampir. Sekarang datang lagi, Alhamdullah beliau menyukai makanan ini,” katanya bersyukur.
Menurut Suradi, dirinya diberi tahu bahwa SBY hendak berkunjung ke Rumah Makan yang terletak di Sokaraja tersebut tadi pagi. “Saya dapat kabar tadi pagi, langsung kami beres-beres,” tambahnya.

Saat rombongan SBY datang, dikatakan dia, banyak masyarakat yang ingin bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. “Ramai tadi, berdesak-desakan. Bahkan ada masyrakat juga yang diajak makan bersama,” terangnya.

Kedatangan presiden ini juga dikawal ketat Polres Banyumas yang sudah menyiagakan anggotanya di setiap titik. Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono SIK MSi mengatakan, pihaknya menyiapkan 764 personil 

Itulah alasan kenapa kami katakan SBY merupakan penggemar soto lama purwokerto, semoga bisa bermanfaat buat kita semua.