KAMERA POCKET TERBAIK UNTUK FOTO MAKRO

Ada kalanya kita pengin yang simple-simple saja. Seperti dalam pemilihan kamera untuk kegiatan kita sehari-hari. Jika kita memiliki mobilitas tinggi dan kegiatan traveling yang padat, pasti kita membutuhkan kamera yang bentuknya siple yang bisa kita bawa kemana-mana tanpa memakan tempat. Jika kita mempunyai aktivitas seperti itu kamera pocket atau kamera saku adalah pilihan terbaik buat kita. Coba bandingkan jika kita harus membawa kamera DSLR kemana-mana, selain berat juga bentuknya yang besar pasti akan memakan tempat.

Tujuan memiliki kamera setiap orang pasti berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk mengabadikan kegiatan (acara rapat, acara pertemuan, acara keluarga, dan acara lainnya), ada yang bertujuan untuk bisnis seperti disewakan untuk acara pernikahan, ada pula yang digunakan untuk keperluan profesi seperti mengambil gambar serangga, bunga atau benda-benda kecil lain.

Kebetulan tujuan saya membeli kamera adalah untuk keperluan kerja saya sebagai petugas lapang yang perlu mengambil sampale-sample gambar benda-benda kecil (gambar serangga, bagian-bagian bunga, penyakit pada tanaman, hama-hama tanaman dll). Selain itu tentunya juga saya gunakan untuk mengambil gambar dokumentasi kegiatan kerja, atau mengambil gambar moment dengan keluarga.

Pertama mencari kamera yang tepat buat keperluan saya memang agak sedikit sulit, karena mencari kamera makro yang bentuknya pocket tidaklah mudah. Satu persatu jenis kamera saya pelajari dari keluaran sony, canon, nikon, samsung dll. Akhirnya kesimpulan saya putuskan untuk membeli kamera Nikon cool pix P310.

kamera-pocket-terbaik-foto-makro

Kamera pocket terbaik untuk foto makro nikon coolpix P310 ini mempunyai beberapa kelebihan fiturnya :

  1. Bentuknya relatif kecil dibanding dengan DSLR
  2. Memiliki pembukaan 1.8 (sehingga sangat bagus untuk membuat foto makro dengan background buram
  3. Ada pengaturan manual sehingga kita bisa berkreasi untuk penentuan iso, pembukaan dan kecepatan  dalam pengambilan gambar
  4. Kualitas gambar video full HD
  5. Memiliki 16 mega pixel
  6. 4 x optical zool

Setelah 2 tahun menggunakan kamera terbaik untuk foto makro ini sepertinya saya belum menemukan kelemahan kecuali hanya pada optical zoom yang hanya 4 x, ini akan menjadi kendala jika kita akan mengambil gambar secara jarak jauh.

Walupun bukan seorang fotografer tetapi hasil jepretan kamera nikon coolpix ini bagi saya sudah sangat memuaskan.

Ini beberapa contoh hasil jepretan saya dari kamera pocket terbaik untuk foto makro (nikon coolpix p310) :

bunga-padi

Foto : bunga padi

 

 

DSCN1316

Foto : belalang

 

 

RSCN1372

Foto : kepala Capung

 

 

RSCN1551

Foto : walang sangit

 

 

RSCN0661

Foto : putik dan tepung sari bunga

Semoga informasi ini bisa berguna bagi anda yang sedang mencari kamera pocket untuk mengambil gambar benda-benda kecil (foto makro).

No comments:

Post a Comment