SINETRON INDONESIA MERACUNI ANAK INDONESIA

Saya terkejut dan tertawa ketika ada tingkah laku aneh pada anakku, dengan gaya bahasa yang lucu menirukan salah satu tokoh peran sinetron sore hari. kalau nggak salah sinetron itu berjudul “ayah kenapa aku berbeda”.

Tapi anehnya yang dicontoh bukanlah peran tokoh yang baik, tetapi justru peran antagonisnya yang bernada bicara ketus, cerewat dan galak.

sinetron-Indonesia-meracuni-anakku

Bukan hanya itu saja beberapa film TV juga ditirukan oleh anakku dan anak-anak lain sebayanya (umur 5 tahunan). Film anak  Ipin dan upin tidak luput disadap oleh anakku. Tapi yang ditirukan adalah gaya jengkel atau marahnya si ipin dan upin (muka manyun tangan di lipat kedepan semua sambil berucap hemmmmm……).

Benar-benar sinetron indonesia meracuni anakku !!

Bukan hanya itu saja sebenarnya masih banyak lagi adegan-adegan yang tidak bagus di tirukan anakku dan teman sebayanya. Cuma saya sendiri memang tidak begitu suka dan malas menonton acara sinetron Indonesia yang sangat memuakkan alur ceritanya, sehingga saya tidak paham judul dan jam tayang sinetron tersebut.

Seharusnya para pemilik stasiun televisi ikut berpartisipasi membantu pendidikan anak dan mengurangi racun sinetron menyebar pada diri anak kita.  Seandainya tidak bisa membuat acara pendidikan buat anak setidaknya bisa menayangkan sinetron-sinetron di atas jam 9 malam setelah anak-anak selesai jam belajarnya. Sore hari jam 6 sebaikknya diisi oleh acara berita atau acara yang lain sehingga bisa digunakan oleh orang tua untuk belajar memperluas wawasannya.

Pemerintah sebaiknya juga ikut turun tangan. Buat peraturan yang melarang pemutaran sinetron atau film-film lain yang kurang layak tonton pada jam-jam belajar anak. Usaha itu tentu akan mengurangi racun sinetron yang bisa menyusup ke dalam jiwa anak-anak.

Saya sebagai orang tua akhirnya hanya bisa melarang anak untuk menonton televisi pada jam-jam belajar tersebut.

Demikian sekilas tulisan tentang Sinetron Indonesia Meracuni Anak Indonesia, mudah-mudahan bisa menjadi masukan bagi yang berkepentingan dan yang punya wewenang atau kebijaksanaan.

5 comments:

  1. Lebih mendidik sinetron saat aku kecil dulu, Wiro Sableng dengan Jurus Kunyuk Melempar Buah,

    ReplyDelete
  2. Parahnya sinetron indonesia... cek fakta mirisnya DISINI

    ReplyDelete
  3. karena jaman sekarang pemerintah yang sebenarnya = pemilik modal.

    ReplyDelete
  4. karena jaman sekarang pemerintah yang sebenarnya = pemilik modal.

    ReplyDelete
  5. Hampir sebagian besar hiburan diTV spt:Sinetron dan sejenisnya menyajikan tayangan yg membahayakan perkembangan daya pikir anak2 dan remaja. Gambaran pertentangan dan trik penuh muslihat sll digunakan demi unt mencapai sebuah tujuan. Hal ini secara tdk langsung akan melekat dlm pikiran pemirsanya dan mungkin suatu saat akan ditiru. Sebaiknya tayangan TV hrs sll dievaluasi demi masa depan anak2 kita yg lebih baik.

    ReplyDelete