CARA MUDAH MENGATASI KACA MOBIL BEREMBUN DAN BERPENDAR SAAT HUJAN

Menjadi permasalan tersendiri ketika kita mengendarai mobil saat hujan dan tanpa AC. Kaca mobil menjadi berembun/ berkabut sehingga menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau yang kita kendarai adalah mobil tua. Selain berembun/ berkabut terkadang kita juga mengalami permasslahan kaca mobil yang berpendar ketika diterpa air hujan. 
EMBUN-KABUT-PENDAR-PADA-KACA-MOBIL-KETIKA-HUJAN
Sebenarnya apa penyebab dari permasalahan tersebut ?
Kaca mobil yang berkabut atau berembun disebabkan karena perbedaan suhu udara antara di luar dan di dalam kabin. Peristiwa ini sama dengan ketika kita membikin es teh, pasti permukaan luar gelas ikut basah. Bukan karena bocor atau karena tumpah, tetapi karena terjadi perbedaan suhu udara yang terlalu jauh antara dalam gelas dan permukaan gelas. Karena udara pada permukaan gelas/ kaca yang dingin akan membekukan udara disekitar permukaan gelas/ kaca yang panas. Hal ini sama saja ketika kita mengendarai mobil pada saat hujan dan tanpa AC, udara disekitar kaca bagian dalam akan terbekukan oleh dinginnya udara luar.
KACA-MOBIL-BEREMBUN-BERKABUT-BERPENDAR-KETIKA-HUJAN
Setelah tahu penyebabnya, bagaimana solusinya ?
Kaca mobil yang berkabut bisa diatasi dengan menyalakan AC. Gak tanya dong kalau cuma seperti itu jawabannya ? Mobil saya kan mobil buntut atau mobil tua atau nggak bisa pake AC om.
Kalau mobil anda ternyata mobil tua dan gak ada AC nya , bisa diatasi dengan cara lain. Ketika mulai hujan oleskan tipis-tipis sampo rambut pada permukaan dalam kaca mobil. Jangan permukaan luar ya ? atau kalau nggak ada sampo rambut bisa pake sunlight (sabun cuci piring).
Nah kalau kaca berpendar bagaimana solusinya?
Kaca mobil yang berpendar saat turun hujan disebabkan oleh permukaan kaca bagian luar terkena kotoran atau jamur. Untuk mengatasinya kaca tersebut ya harus dibersihkan dengan cara dipoles.  
Kalau belum punya dana untuk memoles bisa dilakukan dengan cara herbal. Wah kaya obat aja pake herbal segala.
Begini caranya beli tembakau yang ada di pasar, bersihkan dari kerikil atau benda keras lainnya. Rendam dengan air panas kira-kira 6 jam. Gunakan untuk mencuci dan memoles kaca tersebut.
Silahkan dicoba tips cara mengatsi kaca mobil tanpa AC yang yang berembun/ berkabut dan berpendar disaat diguyur hujan.

6 comments: