SOTO BONJOK MAKANAN KLASIK BANYUMAS

Setelah monitoring lahan kedelai sampai jam 12 siang tidak terasa sudah menginjak dusun Bonjok Desa Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Saya ingat kalau disini ada soto yang sangat terkenal di Banyumas yaitu soto Bonjok.

Soto Bonjok yang letaknya sangat terpencil dan tidak menunjukkan kalau soto tersebut sangat terkenal. Lokasi warung yang lengang jauh dari keramaian kota (kanan kiri warung masih lahan kebun)sangat cocok untuk tempat istirahat dan santai. Warung yang bentuknya masih seperti rumah joglo biasa sangat menandakan kalau soto Bonjok tersebut sangat terkesan klasik.

soto-bonjok-makanan-klasik-banyumas Gambar : Lokasi warung soto Bonjok Banyumas

 

Untuk mencapai tempat tersebut dimulai dari arah Kecamatan Banyumas (tepatnya Jl Onderan) jalan terus ketimur, kira-kira 2 km. Setelah melewati jalan batuan dan belum dilapisi aspal, sampailah di Desa Sokawera dusun Bonjok Kec Somagede.  Disitulah berdiri sebuah warung soto klasik ala Banyumas, yaitu Soto Bonjok.  Warung soto yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik pake mobil maupun motor.

Nyoto dulu ahh….

Sekilas sotonya biasa saja, tidak berbeda dengan soto sokaraja yang lain (soto kecik, soto sungeb dan soto lama). Kelebihan soto bonjok adalah bumbunya yang tidak menggunakan bumbu masak atau vetsin. Dengan menu soto ayam kampung (menu asli soto bonjok) dan soto sapi (menu variasi permintaan konsumen). Dengan dilengkapi sambal bumbu kacang dan sambal cabai rawit membuat soto bonjok semakin mantab.

menu-soto-bonjok-makanan-khas-banyumas

Gambar : Sajian Soto Bonjok yang dilengkapi dengansambal kacang dan sambal cabai rawit

 

Ada satu lagi yang membuat soto bonjok ini makin enak yaitu jika dimakan dengan mendowan ala Banyumas. Tempe tipis yang digoreng setengah matang itu seakan menjadi jodohnya soto bonjok.

Jangan ketinggalan, kalau sampai Banyumas silahkan coba soto bonjok makanan klasik Kabupaten Banyumas.

No comments:

Post a Comment