desa.id DOMAIN GRATIS UNTUK DESA

Sejak tanggal 1 Mei 2013 kemarin domain desa.id sudah resmi dibuka untuk seluruh desa se Indonesia. Domain desa.id diresmikan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama dengan Gerakan Desa Membangun (GDM). Domain ini memang gratis dan yang perlu dibanggakan adalah bahwa domain desa.id adalah satu-satunya domain yang berbasis bahasa Indonesia.

Domain desa.id ditujukan untuk publikasi desa-desa se Nusantara karena domain go.id merupakan domain untuk lembaga pemerintahan hanya sampai level kabupaten, padahal desa merupakan lembaga pemerintahan terendah.

Jika semua desa se Indonesia menyadari betapa pentingnya publikasi potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di desanya pada seluruh dunia, tentu semua desa akan segera berebut untuk membuat domain desa.id. Sekali lagi domain ini gratis untuk lembaga organisasi desa.

domain-desa.id-gratis-untuk-desa

Harapan dari PANDI adalah agar semua desa di seluruh Nusantara memanfaatkan domain ndesa.id tersebut dan segera bisa meng-upload segala kegiatan dan potensi yang ada didesanya. Jika semua desa bisa mengupload sumber daya desa niscaya akan tercipta akses/ komunikasi yang cepat dalam segala lini. Hal ini akan membantu mempercepat mengenalkan desa tersebut pada seluruh dunia.

Sebagai contoh adalah desa mandalamekar yang berada di kecamatan jatiwaras kabupaten Tasikmalaya. Desa ini berhasil menjalin komunikasi dengan orang barat dan bisa mengakses donatur yang jumlahnya tidak sedikit. Hal itu mengubah desa Mandalamekar yang tadinya desa IDT atau desa tertinggal yang jauh dari internet menjadi desa yang mendapatkan segala fasilitasnya. Semua itu berhasil didapatkan karena adanya publikasi desa melalui internet.

Persyaratan untuk memeperoleh domain desa.id

Untuk bisa mendapatkan domain desa.id sangatlah mudah dan gratis. Persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan domain desa.id adalah :

KLIK DISINI

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang domain gratis desa.id silahkan kunjungi situs ini.

Itulah beberapa informasi dari hasil pelatihan saya tentang jurnalistik di LPK Pratama Purwokerto pada tgl 13 April 2014 yang di tentori oleh operator domain desa.id kabupaten Banyumas prianthon.

Semoga informasi yang kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua.  Amiiiin.

No comments:

Post a Comment